Kamis, 18 Agustus 2011

Tanggal Pertama Kali Al-Qur'an Diturunkan

Ayat Al-Qur'an yang diturunkan pertama kali kepada Rosulullah adalah ayat pertama pada surat Al-'Alaq (Iqro') di gua Hiro'. Para ulama memiliki banyak pendapat yang sedikit berbeda satu sama lain, tapi ada juga yang berselisih jauh mengenai tanggal yang pasti ayat tersebut diturunkan. Sebagian mengatakan bulan Rojab dan sebagian lainnya mengatakan bulan Romadhon. Namun yang benar adalah bulan Romadhon sebagaimana difirmankan pada QS. Al-Baqoroh ayat 185.

Dari pendapat yang benar ini (Romadhon-red), terpecah lagi ke dalam beberapa pendapat. Sebagian mengatakan tanggal 7, sebagian berpendapat tanggal 17, dan ada juga yang berpendapat tanggal 18. Syaikh Syafiyurrohman Al-Mubarokfury  di dalam Rohiqul Makhtum (setelah melakukan penelitian-red) mengatakan bahwa wahyu pertama tersebut jatuh pada hari Senin, tanggal 10 Agustus 610 Masehi, bertepatan dengan bulan Romadhon. Pada bulan Romadhon itu, hari Senin jatuh pada tanggal 7, 14, dan 21. Dengan mendasarkan kepada argumen bahwa Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada lailatul qadar, dan lailatul qadar ada pada malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan, Syafiyurrohman Al-Mubarokfury menyimpulkan bahwa Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Rosulullah pada tanggal 21 Ramadhan. 

Semoga penjelasan ini bisa memberi sedikit pencerahan. Wallaahu a'lam bish shawab


Sumber: Bersama Dakwah

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa