Sabtu, 13 Agustus 2011

Markas Maung Bandung

Stadion Siliwangi, Kota Bandung

Sampai tahun 2008, Persib menggunakan Stadion Siliwangi untuk memainkan laga kandangnya. Stadion ini lolos bersyarat sertifikasi Badan Liga Indonesia (BLI) sehingga layak untuk digunakan di kompetisi Liga Super Indonesia (LSI). Kapasitas stadion yang hanya cukup untuk 20.000 penonton ini membuat sering terjadinya luberan penonton, seperti ketika Persib menjamu Selangor FA (Malaysia) dalam sebuah pertandingan persahabatan, juga ketika Persib menjamu Persema Malang di Divisi Utama tahun 2007.

Stadion Siliwangi pernah mencatat sejarah ketika menyelenggarakan laga persahabatan internasional antara tuan rumah versus PSV Eindhoven (klub dari Belanda) yang menghasilkan kekalahan telak 0-6 bagi Persib, pada 11 Juni 1987. PSV kala itu merupakan salah satu klub papan atas Eropa dan dunia, namun sekarang klub ini menjadi miskin publikasi karena prestasi di Liga Belanda dan lebih-lebih di Eropa demikian anjlok. Bagi Persib menghadapi PSV adalah pengalaman tak ternilai walaupun beberapa pemain inti tidak ikut serta karena seleksi timnas waktu itu.

Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung

Pada Indonesian Super League (ISL) musim 2008/2009, Persib terpaksa harus meninggalkan Stadion Siliwangi setelah terjadi kerusuhan ketika menjamu Persija Jakarta pada pekan kedua. Ditambah situasi politik yang sedang memanas akibat berlangsungnya Pemilu 2009, kepolisian Kota Bandung tidak lagi mengeluarkan surat izin menyelenggarakan pertandingan di Stadion Siliwangi bagi Persib. Sebagai alternatif, dipilihlah Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, sebagai homebase hingga akhir musim kompetisi. Stadion ini merupakan milik tim kebanggaan warga Kabupaten Bandung, Persikab.

Pemerintah Kota Bandung berencana membangun sarana olahraga baru, termasuk stadion, di kawasan Gedebage. Stadion itu sendiri, yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada awal 2008, diproyeksikan untuk menjadi homebase Persib. Stadion ini juga direncanakan untuk digunakan pada POR Prov (dulu Porda-red) Jawa Barat. Saat ini, kontrak pembangunan stadion yang rencananya akan diberi nama West Java Stadium ini telah diperoleh PT Adhi Karya Tbk dengan nilai Rp 495,945 miliar. Diperkirakan, pembangunan stadion ini akan memakan waktu 883 hari.

Miniatur calon Stadion Gedebage

Stadion Persib Jl. A. Yani (tampak belakang)

Untuk lapangan latihan, Persib tetap menggunakan Stadion Persib di Jl. Ahmad Yani. Stadion yang dulunya dikenal dengan nama lapangan Sidolig ini direnovasi sejak tahun lalu. Kini di stadion tersebut terdapat lapangan latihan dengan rumput baru dan trek berlari serta di sampingnya terdapat mess untuk tempat tinggal para pemain dan staf Persib, selain digunakan sebagai kantor. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa