Sabtu, 30 Juli 2011

Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona AFC (Asia)

Kemenangan Indonesia 4-3 (agregat 5-4) atas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (28/7/2011-red) lalu membawa Indonesia lolos ke Putaran Tiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona AFC (Asia). Namun, langkah tim Merah Putih masih panjang untuk lolos ke Brasil (tuan rumah Piala Dunia 2014-red). Setidaknya Indonesia harus melampaui dua hingga empat tahap lagi untuk benar-benar berada di Brasil. Berdasarkan keputusan FIFA, 'jatah' Asia di Piala Dunia 2014 nanti tetap 4,5 tim seperti Piala Dunia 2010. Yaitu, empat tim diambil dari Putaran Empat, dan 0,5 merupakan rasio babak play-off yang akan mempertemukan antara pemenang Putaran Lima Zona Asia dengan juara Zona OFC (Oceania) atau peringkat ke-4 Zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) atau peringkat ke-5 Zona CONMEBOL (Amerika Selatan), tergantung hasil undian nanti.


Berikut tahapan langkah selengkapnya yang harus dilalui tim-tim benua Asia dalam kualifikasi Zona AFC Piala Dunia 2014 :

1. Putaran Satu
Di putaran ini Indonesia tidak ikut serta, karena Putaran Satu diperuntukkan untuk tim-tim Asia yang berperingkat FIFA jauh di bawah.

2. Putaran Dua
Di putaran inilah Indonesia berhadapan dengan Turkmenistan yang menghasilkan kemenangan agregat 5-4 hingga lolos ke Putaran Tiga. Tim lain yang lolos ke Putaran Tiga adalah:
a. Iran (menang agregat 5-0 versus Maladewa),
b. Irak (3-0 vs Yaman),
c. Thailand (3-2 vs Palestina),
d. Uni Emirat Arab (5-3 vs India),
e. Singapura (6-4 vs Malaysia),
f. Qatar (4-2 vs Vietnam),
g. Arab Saudi (8-0 vs Hongkong),
h. Lebanon (4-2 vs Bangladesh),
i. Uzbekistan (7-0 vs Kyrgistan),
j. Suriah (6-1 vs Tajikistan),
k. China (13-3 vs Laos),
l. Kuwait (5-1 vs Filipina),
m. Yordania (10-1 vs Nepal),
n. dan satu lagi antara Myanmar vs Oman belum diketahui hasil akhir (sementara 0-2) karena terjadi kerusuhan pada leg kedua di Yangon, Myanmar. Oman menang 2-0 di leg pertama.


3. Putaran Tiga
Di putaran ini, Indonesia akan bergabung dengan 14 tim pemenang kualifikasi Putaran Dua lainnya, dan 5 tim peringkat Asia teratas yang langsung lolos ke Putaran Tiga (Jepang, Korea Selatan, Australia, Korea Utara, dan Bahrain) untuk selanjutnya diundi. Sistem pembagian tim peserta di Putaran Tiga ini dibagi ke dalam 4 pot, dan Indonesia masuk ke dalam Pot 4 bersama Korea Utara, Thailand, Singapura, dan Lebanon. Total, 20 negara itu akan diundi untuk masuk ke dalam lima grup (A, B, C, D, E) yang akan kembali bertarung untuk memperebutkan 10 tiket ke Putaran Empat. Pengundian dijadwalkan akan berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, hari Sabtu, 30 Juli 2011. Sedangkan jadwal pertandingan untuk Putaran Tiga adalah 2 dan 6 September, 11 Oktober, 11 dan 15 November, serta pada 29 Februari 2012 mendatang.

4. Putaran Empat
Dari 10 tim peserta yang berada di sini, pembagian grup akan dibagi menjadi dua, dengan masing-masing grup terdiri dari 5 peserta. Juara dan runner-up grup lolos ke Brasil dan peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertarung di Putaran Play-off AFC (Putaran Lima). Pertandingan Putaran Empat seperti biasa akan dilangsungkan dengan sistem home and away (kandang-tandang) pada rentang waktu tahun 2012 dan 2013 mendatang, yakni 3, 8, dan 12 Juni, 11 September, 16 Oktober, 14 November (2012) serta 26 Maret, 4, 11, dan 18 Juni (2013).

5. Putaran Lima
Putaran ini lebih dikenal dengan Putaran Play-off AFC, merupakan duel dari dua tim penghuni peringkat ketiga grup di Putaran Empat, untuk menentukan siapa yang berhak mewakili Zona Asia menuju babak Play-off Asia-Intercontinental (Putaran Enam). Tanggal 6 dan 10 September 2013 akan menjadi penentu nasib kedua negara ini.


6. Putaran Enam
Di sini, tim pemenang Putaran Lima akan bertarung melawan salah satu dari peringkat ke-4 zona CONCACAF, peringkat ke-5 zona CONMEBOL atau juara zona oceania (akan diputuskan dengan cara diundi). Dijadwalkan satu tiket terakhir ini akan diperebutkan pada tanggal 15 Oktober dan 19 November 2013 nanti.

1 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa