Senin, 30 Mei 2011

Barcelona Terbaik di Eropa

Klub sepakbola kebanggaan rakyat Catalan itu akhirnya membuktikan sebagai klub terbaik Eropa setelah menghempaskan Manchester United (MU) 3-1 di final Liga champion Sabtu, 28 Mei 2011 (Minggu dini hari WIB, 29/05/11-red) di Stadion New Wembley Inggris. Hampir sepanjang pertandingan Barcelona menguasai permainan, MU hanya  mampu melakukan gebrakan pada 10 menit babak pertama. Meskipun mendapat keuntungan bermain di negaranya sendiri, MU seakan tidak berdaya menghadapi kekompakan Barcelona. Barca pantas menjadi kampiun karena telah menampilkan permainan apik dan atraktif.

Pertandingan babak pertama awalnya dikuasai oleh MU. Namun, masuk pertengahan babak, Barca mulai mengambil alih hingga akhirnya mampu mencetak gol pertama di menit 27 lewat Pedro. Striker asal Spanyol itu mencetak gol cantik melalui tendangan keras dari dalam kotak penalti. Dari sudut sempit, Pedro mampu menaklukkan kiper Edwin van der Sar dan membuat kedudukan 1-0 untuk Barca.
Hanya berselang beberapa menit, MU mampu menyamakan kedudukan melalui Wayne Rooney. Dengan kerjasama apik bersama Ryan Giggs, striker senior bertubuh gempal itu mencetak gol MU di menit 34. Skor menjadi 1-1.
Memasuki babak kedua, Barca makin tak terbendung dengan melancarkan serangan sejak peluit ditiup. Hasilnya kembali berbuah manis karena bisa mencetak dua gol lagi. Dimulai dari gol Messi di menit 54 yang merupakan buah kerjasama dengan Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Gol berikutnya di menit 69 saat David Villa melepaskan tendangan keras yang mendarat di pojok kiri atas jala Setan Merah.
Manajer MU Sir Alex Ferguson mencoba melakukan perubahan dengan memasukkan Paul Scholes untuk di menit 77. Dengan pengalamannya, Scholes diharapkan bisa menciptakan perubahan di lini tengah Setan Merah. Namun, perubahan ini terlambat karena MU akhirnya gagal mengejar ketertinggalan gol.
Kegemilangan Barca tentunya tak terlepas dari tangan dingin Josep ‘Pep’ Guardiola, yang merupakan manajer termuda yang pernah memenangkan Liga Champion, ia berhasil mengulang sukses tahun 2009, dimana debutnya sebagai manajer kala itu juga menekuk tim yang sama dengan skor 2-0. Beberapa minggu sebelumnya ia berhasil pula membawa timnya menjadi klub terbaik di negeri matador dengan memuncaki kompetisi La Liga musim 2010/2011.

Formasi kedua tim di final Liga Champion 2011

Barcelona:
Valdes; Abidal, Mascherano, Pique, Alves (Puyol'88); Busquets, Xavi, Iniesta; Pedro (Afellay'90), Villa (Keita'86), Messi

Manchester United:
Van der Sar; Fabio (Nani'69), Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick (Scholes'77), Giggs, Park; Rooney, Hernandez

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa